Contoh Bisnis Plan
Contoh
Rencana Bisnis
Mathematics
College
Ringkasan eksekutif
Mathematics
College merupakan lembaga bimbingan belajar yang melayani les privat
matematika. Mathematics College merupakan lembaga pendamping belajar siswa di
luar sekolah yang pembelajarannya dilakukan di rumah siswa. Seiring
meningkatnya kebutuhan waktu belajar tambahan di luar sekolah bagi banyak
pelajar, Mathematics College diharapkan mampu memenuhi kebutuhan para siswa dan
orang tua siswa tersebut. Kelebihan dari Mathematics College ialah memiliki
pengajar yang berkompeten di bidang matematika, menerapkan metode belajar yang
mudah dan menyenangkan sehingga apa yang belum bisa di pahami siswa di sekolah
dapat di pahami setelah mendapat arahan dari pengajar kami dan dapat memahami
materi yang belum di ajarkan guru di kelas. Kami memberikan layanan jasa
pendidikan yang progresif, kreatif, dan inovatif dengan memperhatikan potensi
dan kebutuhan siswa. Kami
menawarkan bimbingan belajar yang memberikan metode pembelajaran matematika
yang mudah dan menyenangkan. Kami memberikan fasilitas berupa modul, latihan
tes terprogram dan gladi bersih ujian yang akan dapat
menunjang keberhasilan program pembelajaran siswa. Pengajar adalah mahasiswa dari
perguruan tinggi ternama di Yogyakarta yang berkompeten di bidang matematika. Untuk
pendaftarannya, kami membuka pendaftarannya via online maupun staff akan datang
ke rumah memberikan formulir.
Berdasarkan data
pelajar di wilayah Yogyakarta tahun 2013 mencapai 680 ribu orang. Jika 5% saja
dari pelajar di Yogyakarta mengikuti les privat, berarti ada yang 34 ribu orang
bisa di jadikan target pasar. Terkait dengan kondisi potensi bimbingan belajar
di Yogykarta, maka kami menentukan akan ada 0,2% yang mengikuti bimbingan
belajar kami berarti sekitar 68 pelajar. Berdasarkan analisis ini, bisnis
bimbingan belajar ini merencanakan dapat memperoleh uang per bulan dari 68
siswa sebanyak Rp 16.320.000,00 dengan pertimbangan akan lebih banyak pendaftar
yang mengikuti bimbingan di semester genap atau semester akhir karena akan ada
beberapa tingkat pelajar yang mengikuti ujian akhir nasional.
Dengan rencana bisnis
dan analisis keuangan, perkiraan laba yang bisa diperoleh Rp 4.196.000,00 perbulan
dengan perkiraan total investasi Rp 12.124.000,00 dengan modal awal sebesar Rp
13.000.000,00 yang kami dapatkan dari pinjaman bank dengan bunga 10% per tahun
dengan jaminan surat tanah. Berarti bisnis ini cukup feasible karena mempunyai
tingkat keuntungan (ROI) sebesar 35% dalam satu bulan. Setelah melakukan perhitungan mengenai
perkiraan bisnis tersebut kami menentukan BEP akan tercapai setelah 3 bulan 12
hari.
Nama perusahaan : Mathematics
College
Nama pimpinan usaha :
Jeni Dwi Prasetyo
Alamat
Perusahaan : Jalan
Merak Sakti No. 278 RT 10 RW 41 Pringwulung, Condong Catur, Depok Sleman,
Yogyakarta
Bidang Usaha : Bimbingan
belajar
Jenis Usaha : Les
privat matematika
Nomor Telepon :
085702067725
Konsumen yang dituju :
Seluruh pelajar di kota Yogyakarta
Jumlah target omset : 68 orang per bulan : Rp 16.320.000,00
per bulan
A. Rasional Bisnis
Yogyakarta adalah kota
pelajar dan merupakan kota besar yang mana tersebar anak bangsa yang belajar
dan menempuh pendidikan di sana. Saat ini,
pendidikan dijadikan tolak ukur dari kemampuan seseorang, sehingga peran
pendidikan sangatlah penting. Oleh karena itu, pendidikan di luar sekolah juga
memiliki peranan yang tidak kalah penting. Bimbingan belajar di luar sekolah
ini dapat membantu dalam meningkatkan atau memaksimalkan potensi anak dalam prestasi belajarnya di sekolah. Meningkatnya kebutuhan waktu belajar tambahan di luar
sekolah bagi banyak pelajar, merupakan peluang emas untuk membuka usaha
memberikan jasa kepada siswa mengikuti tambahan pelajaran yaitu bimbingan
belajar. Kebanyakan siswa kesulitan dalam mata pelajaran matematika
sehingga orang tua menginginkan putra putrinya mendapatkan tambahan jam belajar
di luar sekolah untuk meningkatkan kecerdasan putra putrinya untuk mata
pelajaran matematika. Dorongan dari para
orang tua seperti itulah yang menjadikan bisnis pendidikan menjadi peluang
usaha yang memiliki prospek bagus. Dari sekian banyaknya bimbingan belajar,
saya ingin membuka bimbingan belajar yang kreatif dan inovatif. Saya ingin
mendirikan lembaga bimbingan belajar yang melayani bimbingan di rumah siswa
atau lebih dikenal les privat. Saya ingin mendirikan
lembaga pendamping bimbingan belajar matematika terbaik di Yogyakarta yang
melayani jasa les privat. Dengan membuka
bimbingan belajar di rumah, saya tidak terlalu membutuhkan modal yang besar.
Modal utama dalam berbisnis bimbingan belajar rumahan ini adalah kesiapan diri
dari pengajar matematika itu sendiri. Pengajar harus mampu menguasai dan
menyampaikan mata pelajaran matematika dengan baik. Oleh karena itu, kami akan
menyeleksi karyawan yang berkompeten sesuai dengan kriteria kami di bidang
matematika yang mampu mejadi pendamping belajar yang baik. Biasanya layanan jasa
les privat rumahan ini diberikan di rumah dari siswa itu sendiri, pada waktu di
luar jam sekolah baik baik sore hari ataupun malam hari. Selain
menguntungkan, bisnis rumahan les privat mata pelajaran matematika ini
juga akan selalu dibutuhkan sampai kapan pun juga. Jadi, kami yakin apabila
kami bisa mengelolanya dengan baik, tidak menutup kemungkinan bila bisnis
bimbingan belajar ini bisa mendatangkan untung besar setiap bulannya.
B.
Deskripsi Usaha
Mathematics College merupakan bisnis bimbingan belajar. Mathematics
College menyediakan dan melayani jasa les privat matematika. Mathematics
College menawarkan bimbingan belajar yang memberikan metode pembelajaran
matematika yang mudah dan menyenangkan. Kami memberikan fasilitas berupa modul,
latihan tes terprogram dan gladi bersih ujian. Metode belajar yang kami gunakan
ialah: pendalaman materi, pemahaman konsep, trik dan rumus cepat, bedah soal
ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, dan ulangan
akhir nasional, serta gladi bersih ulangan harian, ulangan tengah semester,
ulangan akhir semester, dan ulangan akhir nasional. Kami memberikan jasa les
privat matematika kepada semua siswa dari jenjang SD, SMP, SMK, dan SMA.
Pengajar adalah mahasiswa dari perguruan tinggi ternama di Yogyakarta yang
berkompeten di bidang matematika. Pembelajaran akan berlangsung di rumah siswa
dimana pengajar yang akan datang ke rumah siswa. Untuk
pendaftarannya, kami membuka pendaftarannya via online maupun staff akan datang
ke rumah memberikan formulir.
1) Struktur Organisasi
Sebagai awal usaha,
bisnis bimbingan belajar mula-mula membutuhkan 10 orang pelaksana sebagai
berikut:
a. Satu
orang manager untuk memimpin usaha secara keseluruhan (mengkoordinasi
jalannya usaha) dan sekaligus bertanggung jawab untuk memasarkan usaha yaitu saya sendiri.
b. Satu
orang staf tata usaha yang bertanggung jawab dalam pencatatan data siswa dan
pengajar, serta pencatatan
keuangan usaha.
c. 8
orang pengajar yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan usaha yang akan diseleksi dari mahasiswa yang kuliah di
perguruan tinggi ternama di Yogyakarta dengan kriteria yang kami tentukan.
2) Visi dan
Misi
Visi dari bimbingan belajar kami adalah menjadi lembaga
pendamping bimbingan belajar matematika terbaik di Indonesia.
Misi dari bimbingan belajar kami adalah:
a. Menjadi
pendamping untuk siswa belajar matematika dalam mencapai prestasi.
b. Menciptakan
metode belajar matematika yang mudah dan menyenangkan.
c. Memberikan
layanan jasa pendidikan yang progresif, kreatif, dan inovatif dengan
memperhatikan potensi dan kebutuhan siswa.
3) Seleksi
karyawan
Kami akan menyeleksi
karyawan yang akan kami jadikan pengajar atau tentor dengan cara setiap calon
pengajar harus mengirimkan data pribadi serta syarat-syarat lain yang kami
tentukan kemudian kami minta para calon pengajar untuk mempresentasikan salah
satu materi. Setelah itu kami akan memilih dari calon pengajar yang sesuai
dengan kriteria pengajar yang kami inginkan sehingga para siswa nantinya akan
mendapat pendamping belajar yang berkompeten dan bisa mengantarkan siswa
berprestasi dalam pelajaran matematika
4) Pelatihan
Karyawan
Kami akan memberikan
pelatihan kepada karyawan sehingga nantinya para karyawan dapat menjadi tentor
matematika yang professional dalam menjadi pendamping siswa sehingga nantinya
para siswa akan nyaman dan mudah dalam mempelajari matematika. Karyawan yang
ingin kami bentuk ialah yang memiliki loyalitas kepada pelanggan atau siswa
sehingga nantinya pelanggan atau siswa akan puas dan bangga karena telah
memilih kami sebagai pendamping belajar
matematikanya.
C. Analisa Pasar
1) Sasaran
Pasar
Sasaran dalam
menjalankan bisnis bimbingan belajar kami ini adalah para siswa dari mulai
jenjang sekolah dasar, sekolah menengah pertama hingga sekolah menengah atas. Sasaran
kami selanjutnya ialah orang tua siswa.
2) Target
Pasar
Berdasarkan
data pelajar di wilayah Yogyakarta tahun 2013 mencapai 680 ribu orang. Jika 5%
saja dari pelajar di Yogyakarta mengikuti les privat, berarti ada yang 34 ribu
orang bisa di jadikan target pasar. Terkait dengan kondisi potensi bimbingan
belajar di Yogykarta, maka kami menentukan akan ada 0,2% yang mengikuti
bimbingan belajar kami berarti sekitar 68 pelajar dengan pertimbangan akan
lebih banyak pendaftar yang mengikuti bimbingan di semester akhir karena akan
ada beberapa tingkat pelajar yang mengikuti ujian akhir nasional.
3) Segmen Pasar
Di lihat dari sisi geografi,
wilayah yang akan kami jadikan target pasar ialah kota Yogyakarta, karena di
wilayah tersebut terdapat banyak sekolah dan pusat perbelanjaan yang nantinya
akan kami jadikan sasaran utama. Di lihat dari sisi demografi, tujuannya ialah
untuk memenuhi kebutuhan permintaan tambahan
belajar di luar sekolah bagi setiap pelajar di kota Yogyakarta.
4) Strategi Pemasaran
Kami akan memulai dengan membagikan brosur di lingkungan
sekolah atau di pusat perbelanjaan karena target kami bukan hanya siswa namun
juga orang tua dari siwa, serta mengajukan proposal kerja sama atau ijin dari
sekolah untuk melakukan presentasi di dalam kelas. Kami juga memiliki situs
mengenai bimbingan belajar kami serta akun jejaring sosial khusus untuk
berinteraksi lansung dengan mereka yang tertarik, sehingga tidak selalu harus
lewat telepon. Cara pendaftaran bimbingan belajar melalui pendaftaran online
yang dikirim ke email dengan mendownload brosur pendaftaran dari mathematics-college.blogspot.com atau pendaftar ke alamat perusahaan
dan menuliskan data pada brosur pendaftaran. Pendaftaran akan dipungut biaya Rp
50.000,00 yang dibayarkan langsung kepada staff perusahaan atau kepada pengajar
bimbingan belajar yang datang ke rumah pendaftar.
D. Analisis
Pesaing
Menurut http://www.pustakasiswa.com
bimbingan belajar yang melayani les privat di kota Yogyakarta terdapat 31
bimbingan belajar. Bimbingan belajar
tersebut tentunya memiliki keunggulan
masing-masing yang menjadikan bimbingan belajar tersebut dikenal masyarakat
serta pelajar di kota Yogyakarta seperti Nurul Fikri Jogja, Gama Privat Jogja,
Kaffah College, dll. Beikut beberapa
kelebihan dan kekurangan dari bibmbingan belajar lain yaitu:
a. Kelebihan bimbingan belajar lain atau pesaing yaitu:
1. Memilliki kantor yang lebih bagus.
2. Memiliki fasilitas yang lebih memadai dan lebih
lengkap.
3. Telah dikenal masyarakat
b. Kekurangan bimbingan belajar lain atau pesaing yaitu:
1. Tidak memberikan fasilitas modul dan gladi bersih
ujian
2. Tidak melakukan seleksi dan pelatihan karyawan,
sehingga pengajarnya tidak berkompeten.
3. Harga relatif lebih mahal.
E. Analisis
risiko usaha dan antisipasinya
Usaha kami tergolong
memiliki risiko yang kecil. Hambatan yang mungkin dapat dihadapi bimbingan
belajar kami ialah kapasitas karyawan yang kami miliki tidak dapat memenuhi
permintaan konsumen sehingga kami harus siap untuk mengadakan seleksi karyawan
dari kalangan mahasiswa yang kuliah di Yogyakarta yang berkompeten di bidang matematika untuk
menjadi pengajar kami. Risiko yang lain ialah siswa yang merasa tidak cocok
kepada pengajar akan meminta berhenti dari bimbingan, sehingga kami menyediakan
alternatif untuk mengganti pengajar yang sesuai dengan kriteria siswa maupun
kriteria dari permintaan siswa.
F. Analisis
Keuangan
1) Modal awal
Modal awal yang digunakan ialah: Rp 13.000.000,00
yang meliputi:
a. Sewa kantor: Rp 12.500.000,00
b. Operasional awal ialah seperti: pembuatan
modul, data siswa dan pengajar, serta biaya promosi seperti pembuatan brosur: Rp 500.000,00.
2) Total investasi: Rp
12.124.000,00 yang meliputi:
a. Kebutuhan Investasi aktiva tetap
Modul
dan pendataan siswa dan pengajar dari biaya pendaftaran siswa.
b. Staf tata usaha
= Rp 700.000,00
per bulan
c. Pengajar ( 8 orang)
Masing-masing akan mendapatkan 70% dari biaya per pertemuan. Di
perkirakan dari semua pengajar akan di gaji Rp 11.424.000,00 per bulan.
3) Sumber modal
Modal ini didapatkan dari meminjam
bank dengan jaminan surat tanah yang akan dikenakan bunga sebessar 10% per
tahun, sehingga nantinya kami harus membayar sebesar Rp 14.300.000,00.
4) Neraca
keuangan
a.
Pengeluaran
Pengeluaran yang akan kami gunakan ialah sebesar Rp 12.124.000,00
per bulan yang akan digunakan untuk keperluan pemabayaran gaji karayawan.
b.
Pemasukkan
Pemasukkan yang akan kami peroleh ialah dari pembayaran bimbingan
belajar sebesar Rp 16.320.000,00.
c.
Laba
Jika 34 siswa mengikuti kami
maka keuntugan yang bisa kami peroleh:
1. Pendapatan
= Rp 40.000,- x 6 pertemuan per bulan x 68
anak = Rp 16.320.000,00
2. Total
investasi = Rp 12.124.000,00
3. Laba
= Rp 16.320.000,00 - Rp 12.124.000,00 = Rp 4.196.000,00. ROI usaha ini
adalah: (Rp 4.196.000,00
/ Rp 12.124.000,00) x 100% = 35%.
d.
BEP
Jumlah
uang yang harus kami bayarkan kepada bank ialah Rp 14.300.000,00 maka:
BEP: modal awal dibagi laba
= Rp 14.300.000,00 / Rp 4.196.000,00 = 3,4
Setelah melakukan perhitungan mengenai perkiraan bisnis tersebut
kami menentukan BEP akan tercapai setelah tiga bulan 12 hari.
e.
Kas bulanan
Kami menentukan uang kas bulanan sebesar Rp
1.000.000,00
f.
Penetapan Harga
Untuk biaya pendaftaran bimbingan kami memberikan harga Rp
50.000,-. Harga yang ditawarkan pada bimbingan belajar kami bervariasi dan
tergolong murah yaitu:
a. Untuk privat 1 orang
1) Untuk kelas 1-5 SD Rp 30.000,00 /
pertemuan.
2) Untuk kelas 6 SD, 1 dan 2 SMP Rp.
35.000,00 / pertemuan.
3) Untuk kelas 9 SMP, 1 dan 2 SMA Rp
40.000,00 / pertemuan.
4) Untuk kelas 3 SMA Rp. 45.000,00 /
pertemuan.
b. Untuk privat lebih dari 1 orang,
maksimal 5 orang akan dihitung dengan dikalikan jumlah orang – Rp 7.500,00
dikalikan jumlah orang yang mengikuti bimbingan.
Komentar
Posting Komentar