Contoh Bisnis Plan

Contoh Rencana Bisnis
Mathematics College
Ringkasan eksekutif
Mathematics College merupakan lembaga bimbingan belajar yang melayani les privat matematika. Mathematics College merupakan lembaga pendamping belajar siswa di luar sekolah yang pembelajarannya dilakukan di rumah siswa. Seiring meningkatnya kebutuhan waktu belajar tambahan di luar sekolah bagi banyak pelajar, Mathematics College diharapkan mampu memenuhi kebutuhan para siswa dan orang tua siswa tersebut. Kelebihan dari Mathematics College ialah memiliki pengajar yang berkompeten di bidang matematika, menerapkan metode belajar yang mudah dan menyenangkan sehingga apa yang belum bisa di pahami siswa di sekolah dapat di pahami setelah mendapat arahan dari pengajar kami dan dapat memahami materi yang belum di ajarkan guru di kelas. Kami memberikan layanan jasa pendidikan yang progresif, kreatif, dan inovatif dengan memperhatikan potensi dan kebutuhan siswa. Kami menawarkan bimbingan belajar yang memberikan metode pembelajaran matematika yang mudah dan menyenangkan. Kami memberikan fasilitas berupa modul, latihan tes terprogram dan gladi bersih ujian yang akan dapat menunjang keberhasilan program pembelajaran siswa. Pengajar adalah mahasiswa dari perguruan tinggi ternama di Yogyakarta yang berkompeten di bidang matematika. Untuk pendaftarannya, kami membuka pendaftarannya via online maupun staff akan datang ke rumah memberikan formulir.
Berdasarkan data pelajar di wilayah Yogyakarta tahun 2013 mencapai 680 ribu orang. Jika 5% saja dari pelajar di Yogyakarta mengikuti les privat, berarti ada yang 34 ribu orang bisa di jadikan target pasar. Terkait dengan kondisi potensi bimbingan belajar di Yogykarta, maka kami menentukan akan ada 0,2% yang mengikuti bimbingan belajar kami berarti sekitar 68 pelajar. Berdasarkan analisis ini, bisnis bimbingan belajar ini merencanakan dapat memperoleh uang per bulan dari 68 siswa sebanyak Rp 16.320.000,00 dengan pertimbangan akan lebih banyak pendaftar yang mengikuti bimbingan di semester genap atau semester akhir karena akan ada beberapa tingkat pelajar yang mengikuti ujian akhir nasional.
Dengan rencana bisnis dan analisis keuangan, perkiraan laba yang bisa diperoleh Rp 4.196.000,00 perbulan dengan perkiraan total investasi Rp 12.124.000,00 dengan modal awal sebesar Rp 13.000.000,00 yang kami dapatkan dari pinjaman bank dengan bunga 10% per tahun dengan jaminan surat tanah. Berarti bisnis ini cukup feasible karena mempunyai tingkat keuntungan (ROI) sebesar 35% dalam satu bulan. Setelah melakukan perhitungan mengenai perkiraan bisnis tersebut kami menentukan BEP akan tercapai setelah 3 bulan 12 hari.
Nama perusahaan               : Mathematics College           
Nama pimpinan usaha        : Jeni Dwi Prasetyo
Alamat Perusahaan                         : Jalan Merak Sakti No. 278 RT 10 RW 41 Pringwulung, Condong Catur, Depok Sleman, Yogyakarta
Bidang Usaha                     : Bimbingan belajar
Jenis Usaha                         : Les privat matematika
Nomor Telepon                  : 085702067725
Konsumen yang dituju       : Seluruh pelajar di kota Yogyakarta
Jumlah target omset           : 68 orang per bulan : Rp 16.320.000,00 per bulan

A.    Rasional Bisnis
Yogyakarta adalah kota pelajar dan merupakan kota besar yang mana tersebar anak bangsa yang belajar dan menempuh pendidikan di sana. Saat ini,  pendidikan dijadikan tolak ukur dari kemampuan seseorang, sehingga peran pendidikan sangatlah penting. Oleh karena itu,  pendidikan di luar sekolah juga memiliki peranan yang tidak kalah penting. Bimbingan belajar di luar sekolah ini dapat membantu dalam meningkatkan atau memaksimalkan potensi anak dalam prestasi belajarnya di sekolah. Meningkatnya kebutuhan waktu belajar tambahan di luar sekolah bagi banyak pelajar, merupakan peluang emas untuk membuka usaha memberikan jasa kepada siswa mengikuti tambahan pelajaran yaitu bimbingan belajar. Kebanyakan siswa kesulitan dalam mata pelajaran matematika sehingga orang tua menginginkan putra putrinya mendapatkan tambahan jam belajar di luar sekolah untuk meningkatkan kecerdasan putra putrinya untuk mata pelajaran matematika. Dorongan dari para orang tua seperti itulah yang menjadikan bisnis pendidikan menjadi peluang usaha yang memiliki prospek bagus. Dari sekian banyaknya bimbingan belajar, saya ingin membuka bimbingan belajar yang kreatif dan inovatif. Saya ingin mendirikan lembaga bimbingan belajar yang melayani bimbingan di rumah siswa atau lebih dikenal les privat. Saya ingin mendirikan lembaga pendamping bimbingan belajar matematika terbaik di Yogyakarta yang melayani jasa les privat. Dengan membuka bimbingan belajar di rumah, saya tidak terlalu membutuhkan modal yang besar. Modal utama dalam berbisnis bimbingan belajar rumahan ini adalah kesiapan diri dari pengajar matematika itu sendiri. Pengajar harus mampu menguasai dan menyampaikan mata pelajaran matematika dengan baik. Oleh karena itu, kami akan menyeleksi karyawan yang berkompeten sesuai dengan kriteria kami di bidang matematika yang mampu mejadi pendamping belajar yang baik. Biasanya layanan jasa les privat rumahan ini diberikan di rumah dari siswa itu sendiri, pada waktu di luar jam sekolah baik baik sore hari ataupun malam hari. Selain menguntungkan, bisnis rumahan les privat mata pelajaran matematika ini juga akan selalu dibutuhkan sampai kapan pun juga. Jadi, kami yakin apabila kami bisa mengelolanya dengan baik, tidak menutup kemungkinan bila bisnis bimbingan belajar ini bisa mendatangkan untung besar setiap bulannya.

B.     Deskripsi Usaha
Mathematics College merupakan bisnis bimbingan belajar. Mathematics College menyediakan dan melayani jasa les privat matematika. Mathematics College menawarkan bimbingan belajar yang memberikan metode pembelajaran matematika yang mudah dan menyenangkan. Kami memberikan fasilitas berupa modul, latihan tes terprogram dan gladi bersih ujian. Metode belajar yang kami gunakan ialah: pendalaman materi, pemahaman konsep, trik dan rumus cepat, bedah soal ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, dan ulangan akhir nasional, serta gladi bersih ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, dan ulangan akhir nasional. Kami memberikan jasa les privat matematika kepada semua siswa dari jenjang SD, SMP, SMK, dan SMA. Pengajar adalah mahasiswa dari perguruan tinggi ternama di Yogyakarta yang berkompeten di bidang matematika. Pembelajaran akan berlangsung di rumah siswa dimana pengajar yang akan datang ke rumah siswa. Untuk pendaftarannya, kami membuka pendaftarannya via online maupun staff akan datang ke rumah memberikan formulir.
1)      Struktur Organisasi
Sebagai awal usaha, bisnis bimbingan belajar mula-mula membutuhkan 10 orang pelaksana sebagai berikut:
a.       Satu orang manager untuk memimpin usaha secara keseluruhan (mengkoordinasi jalannya usaha) dan sekaligus bertanggung jawab untuk memasarkan usaha yaitu saya sendiri.
b.    Satu orang staf tata usaha yang bertanggung jawab dalam pencatatan data siswa dan pengajar, serta pencatatan keuangan usaha.
c.    8 orang pengajar yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan usaha yang akan diseleksi dari mahasiswa yang kuliah di perguruan tinggi ternama di Yogyakarta dengan kriteria yang kami tentukan.
2)      Visi dan Misi
Visi dari bimbingan belajar kami adalah menjadi lembaga pendamping bimbingan belajar matematika terbaik di Indonesia.
Misi dari bimbingan belajar kami adalah:
a.    Menjadi pendamping untuk siswa belajar matematika dalam mencapai prestasi.
b.    Menciptakan metode belajar matematika yang mudah dan menyenangkan.
c.    Memberikan layanan jasa pendidikan yang progresif, kreatif, dan inovatif dengan memperhatikan potensi dan kebutuhan siswa.
3)      Seleksi karyawan
Kami akan menyeleksi karyawan yang akan kami jadikan pengajar atau tentor dengan cara setiap calon pengajar harus mengirimkan data pribadi serta syarat-syarat lain yang kami tentukan kemudian kami minta para calon pengajar untuk mempresentasikan salah satu materi. Setelah itu kami akan memilih dari calon pengajar yang sesuai dengan kriteria pengajar yang kami inginkan sehingga para siswa nantinya akan mendapat pendamping belajar yang berkompeten dan bisa mengantarkan siswa berprestasi dalam pelajaran matematika
4)      Pelatihan Karyawan
Kami akan memberikan pelatihan kepada karyawan sehingga nantinya para karyawan dapat menjadi tentor matematika yang professional dalam menjadi pendamping siswa sehingga nantinya para siswa akan nyaman dan mudah dalam mempelajari matematika. Karyawan yang ingin kami bentuk ialah yang memiliki loyalitas kepada pelanggan atau siswa sehingga nantinya pelanggan atau siswa akan puas dan bangga karena telah memilih kami sebagai  pendamping belajar matematikanya.

C.     Analisa Pasar
1)      Sasaran Pasar
Sasaran dalam menjalankan bisnis bimbingan belajar kami ini adalah para siswa dari mulai jenjang sekolah dasar, sekolah menengah pertama hingga sekolah menengah atas. Sasaran kami selanjutnya ialah orang tua siswa.
2)      Target Pasar
Berdasarkan data pelajar di wilayah Yogyakarta tahun 2013 mencapai 680 ribu orang. Jika 5% saja dari pelajar di Yogyakarta mengikuti les privat, berarti ada yang 34 ribu orang bisa di jadikan target pasar. Terkait dengan kondisi potensi bimbingan belajar di Yogykarta, maka kami menentukan akan ada 0,2% yang mengikuti bimbingan belajar kami berarti sekitar 68 pelajar dengan pertimbangan akan lebih banyak pendaftar yang mengikuti bimbingan di semester akhir karena akan ada beberapa tingkat pelajar yang mengikuti ujian akhir nasional.
3)      Segmen Pasar
Di lihat dari sisi geografi, wilayah yang akan kami jadikan target pasar ialah kota Yogyakarta, karena di wilayah tersebut terdapat banyak sekolah dan pusat perbelanjaan yang nantinya akan kami jadikan sasaran utama. Di lihat dari sisi demografi, tujuannya ialah untuk memenuhi kebutuhan permintaan tambahan belajar di luar sekolah bagi setiap pelajar di kota Yogyakarta.
4)      Strategi Pemasaran
Kami akan memulai dengan membagikan brosur di lingkungan sekolah atau di pusat perbelanjaan karena target kami bukan hanya siswa namun juga orang tua dari siwa, serta mengajukan proposal kerja sama atau ijin dari sekolah untuk melakukan presentasi di dalam kelas. Kami juga memiliki situs mengenai bimbingan belajar kami serta akun jejaring sosial khusus untuk berinteraksi lansung dengan mereka yang tertarik, sehingga tidak selalu harus lewat telepon. Cara pendaftaran bimbingan belajar melalui pendaftaran online yang dikirim ke email dengan mendownload brosur pendaftaran dari mathematics-college.blogspot.com atau pendaftar ke alamat perusahaan dan menuliskan data pada brosur pendaftaran. Pendaftaran akan dipungut biaya Rp 50.000,00 yang dibayarkan langsung kepada staff perusahaan atau kepada pengajar bimbingan belajar yang datang ke rumah pendaftar.

D.    Analisis Pesaing
Menurut http://www.pustakasiswa.com bimbingan belajar yang melayani les privat di kota Yogyakarta terdapat 31 bimbingan belajar.  Bimbingan belajar tersebut tentunya memiliki  keunggulan masing-masing yang menjadikan bimbingan belajar tersebut dikenal masyarakat serta pelajar di kota Yogyakarta seperti Nurul Fikri Jogja, Gama Privat Jogja, Kaffah College,  dll. Beikut beberapa kelebihan dan kekurangan dari bibmbingan belajar lain yaitu:
a.       Kelebihan bimbingan belajar lain atau pesaing yaitu:
1.    Memilliki kantor yang lebih bagus.
2.    Memiliki fasilitas yang lebih memadai dan lebih lengkap.
3.    Telah dikenal masyarakat
b.      Kekurangan bimbingan belajar lain atau pesaing yaitu:
1.    Tidak memberikan fasilitas modul dan gladi bersih ujian
2.    Tidak melakukan seleksi dan pelatihan karyawan, sehingga pengajarnya tidak berkompeten.
3.    Harga relatif lebih mahal.

E.     Analisis risiko usaha dan antisipasinya
Usaha kami tergolong memiliki risiko yang kecil. Hambatan yang mungkin dapat dihadapi bimbingan belajar kami ialah kapasitas karyawan yang kami miliki tidak dapat memenuhi permintaan konsumen sehingga kami harus siap untuk mengadakan seleksi karyawan dari kalangan mahasiswa yang kuliah di Yogyakarta yang  berkompeten di bidang matematika untuk menjadi pengajar kami. Risiko yang lain ialah siswa yang merasa tidak cocok kepada pengajar akan meminta berhenti dari bimbingan, sehingga kami menyediakan alternatif untuk mengganti pengajar yang sesuai dengan kriteria siswa maupun kriteria dari permintaan siswa.

F.      Analisis Keuangan
1)      Modal awal
Modal awal yang digunakan ialah: Rp 13.000.000,00 yang meliputi:
a.       Sewa kantor: Rp 12.500.000,00
b.      Operasional awal ialah seperti: pembuatan modul, data siswa dan pengajar, serta biaya promosi seperti pembuatan brosur: Rp 500.000,00.
2)      Total investasi: Rp 12.124.000,00 yang meliputi:
a.       Kebutuhan Investasi aktiva tetap
Modul dan pendataan siswa dan pengajar dari biaya pendaftaran siswa.
b.      Staf tata usaha  = Rp 700.000,00 per bulan
c.       Pengajar ( 8 orang)
Masing-masing akan mendapatkan 70% dari biaya per pertemuan. Di perkirakan dari semua pengajar akan di gaji Rp 11.424.000,00 per bulan.
3)      Sumber modal
Modal ini didapatkan dari meminjam bank dengan jaminan surat tanah yang akan dikenakan bunga sebessar 10% per tahun, sehingga nantinya kami harus membayar sebesar Rp 14.300.000,00.
4)      Neraca keuangan
a.       Pengeluaran
Pengeluaran yang akan kami gunakan ialah sebesar Rp 12.124.000,00 per bulan yang akan digunakan untuk keperluan pemabayaran gaji karayawan.
b.      Pemasukkan
Pemasukkan yang akan kami peroleh ialah dari pembayaran bimbingan belajar sebesar Rp 16.320.000,00.
c.       Laba
Jika 34 siswa mengikuti kami maka  keuntugan yang bisa kami peroleh:
1.      Pendapatan = Rp 40.000,- x 6 pertemuan per bulan x 68 anak = Rp 16.320.000,00
2.      Total investasi                                                                            = Rp 12.124.000,00
3.      Laba = Rp 16.320.000,00 - Rp 12.124.000,00 = Rp 4.196.000,00. ROI usaha ini adalah: (Rp 4.196.000,00 / Rp 12.124.000,00) x 100% = 35%.
d.       BEP
Jumlah uang yang harus kami bayarkan kepada bank ialah Rp 14.300.000,00 maka:
BEP: modal awal  dibagi laba
= Rp 14.300.000,00 / Rp 4.196.000,00 = 3,4
Setelah melakukan perhitungan mengenai perkiraan bisnis tersebut kami menentukan BEP akan tercapai setelah tiga bulan 12 hari.
e.       Kas bulanan
Kami menentukan uang kas bulanan sebesar Rp 1.000.000,00
f.       Penetapan Harga
Untuk biaya pendaftaran bimbingan kami memberikan harga Rp 50.000,-. Harga yang ditawarkan pada bimbingan belajar kami bervariasi dan tergolong murah yaitu:
a.    Untuk privat 1 orang
1)   Untuk kelas 1-5 SD Rp 30.000,00 / pertemuan.
2)   Untuk kelas 6 SD, 1 dan 2 SMP Rp. 35.000,00 / pertemuan.
3)   Untuk kelas 9 SMP, 1 dan 2 SMA Rp 40.000,00 / pertemuan.
4)   Untuk kelas 3 SMA Rp. 45.000,00 / pertemuan.

b.    Untuk privat lebih dari 1 orang, maksimal 5 orang akan dihitung dengan dikalikan jumlah orang – Rp 7.500,00 dikalikan jumlah orang yang mengikuti bimbingan.

Komentar

Postingan Populer