Memahami Paragraf

Memahami Paragraf yang Mengandung Kutipan Langsung dan yang Tidak Langsung

1.Paragraf yang mengandung kutipan langsung
Percaya diri merupakan rasa yang mempengaruhi perilaku seseorang. Semakin tinggi rasa percaya diri yang Anda dimiliki, semakin tinggi pula tingkat keberhasilan yang Anda raih. Kekuatan pikiran merupakan sumber percaya diri. Oleh karena itu, dalam meningkatkan dan memperkuat rasa percaya diri hal yang dibutuhkan ialah menanamkan pikiran positif. Jadikan konsentrasi Anda pada hal-hal positif hingga menumbuhkan rasa percaya diri, apa pun yang terjadi. Otak akan membukakan file-file percaya diri yang lebih kuat dan mendalam di ruang memori akal bawah sadar Anda. Hal ini sejalan dengan pendapat Ibrahim Elfiky (2009:58) dalam bukunya yang berjudul Terapi Berpikir Positifseperti dalam kutipan berikut.
Ini contoh kekuatan pikiran yang menjadi sumber percaya diri. Karena itu, jika Anda benar-benar ingin meningkatkan dan memperkuat rasa percaya diri, tanamkanlah pikiran positif. Jadikanlah konsentrasi Anda pada hal-hal positif hingga menumbuhkan rasa percaya diri, apa pun yang terjadi. Otak akan membukakan file-file percaya diri yang lebih kuat dan mendalam di ruang memori akal bawah sadar Anda. Demikian itu sangat berpengaruh pada perilaku dan hasil yang Anda raih.

2.Paragraf yang mengandung kutipan tidak langsung
Percaya diri merupakan rasa yang mempengaruhi perilaku seseorang. Semakin tinggi rasa percaya diri yang Anda dimiliki, semakin tinggi pula tingkat keberhasilan yang Anda raih. Menurut Ibrahim Elfiky (2009) , sumber percaya diri ialah kekuatan pikiran. Karena itu, jika Anda benar-benar ingin meningkatkan dan memperkuat rasa percaya diri, tanamkanlah pikiran positif. Jadikanlah konsentrasi Anda pada hal-hal positif hingga menumbuhkan rasa percaya diri, apa pun yang terjadi. Otak akan membukakan file-file percaya diri yang lebih kuat dan mendalam di ruang memori akal bawah sadar Anda. Demikian itu sangat berpengaruh pada perilaku dan hasil yang Anda raih.

2. Susunlah daftar pustaka dengan data-data berikut, kemudian ketiklah dengan komputer!


Alwi, Budianto. 2002. “Sastra dan Tingkat Keberaksaraan” dalam Sastra Masuk Sekolah (Ed. Riris K. Toha Sarumpaet). Magelang: Indonesia Tera.

DePorter, Bobbi dkk. 2007. Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas
(diterjemahkan oleh Ary Nilandari). Bandung: Kaifa.

DePorter, Bobbi. 2009. Melatih Otak, Berpikir Efektif dan Kreatif (diterjemahkan oleh Lovely). Bandung: Kaifa.

( ________ ). 2009. Fokuskan Energimu, Dapatkan yang Kamu Inginkan
 (diterjemahkan oleh Lovely). Bandung: Kaifa.

Marsigit. 2003. “Wawasan Tentang Strategi Dan Aplikasi Pembelajaran Matematika Berbasis Kompetensi”. Makalah Disampaikan Dalam Seminar Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Matematika, MGMP Matematika-Kota Yogyakarta di SMU Negeri 3 Yogyakarta, 22 Mei 2003. Yogyakarta.

Meier, Dave. 2002. Panduan Kreatif dan Efektif Merancang Program Pendidikan dan Pelatihan (diterjemahkan oleh Rahmani Astuti). Bandung: Kaifa.

Rahmawati, Sinta (Ed.). 2001. Mencetak Anak Cerdas dan Kreatif. Jakarta: Kompas.

Ubaydillah. 2010. “Suap dan Hadiah Dalam Pengasuhan”. Diakses dari www.e-psikologi.com
 pada 13 Maret 2011.




Komentar

Postingan Populer